Menu Close

Pandai Menghitung Biaya Bangun Rumah! Bagaimana Cara Melakukannya?

Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri

Rumah adalah kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Rumah dikatakan sebagai tempat berlindung dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Karenanya, keberadaan rumah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Memiliki rencana untuk membangun rumah tanpa bantuan pemborong? Penting untuk mengetahui, biaya bangun rumah untuk membantu mengetahui pengeluaran pembangunan rumah. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan untuk melakukannya?

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis

Di sini, akan dijelaskan beberapa cara untuk menghitung dana untuk membangun rumah tipe minimalis. Adapun, beberapa hal yang harus diketahui disesuaikan dengan pos pengeluaran, sebagai berikut,

  1. Penghitungan Luas Bangunan

Sebelum melangkah ke bagian selanjutnya, anda harus mengetahui bahwa penghitungan luas lahan perlu dilakukan. Hal ini akan membantu dalam pembuatan desain rumah. Jika perhitungan luas tidak dilakukan dengan benar, maka desain rumah akan berantakan dan tidak akurat. Untuk itu lakukan perhitungan dengan benar. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk melakukannya adalah kalkulator, benang ukur, pengukur sudut dan yang lainnya.

  1. Penghitungan Jasa Desain

Beberapa kalangan di Indonesia, telah memanfaatkan jasa arsitek untuk membantu desain rumah. Jika anda berencana menggunakan jasa mereka, maka persiapkanlah dana yang akan dikeluarkan. Untuk penghitungan jasa desain, dapat dibantu dengan panduan biaya. Biasanya akan dikeluarkan dana sesuai dengan luas lahan yang dimilikki. Jika sudah, lanjutkanlah pada bagian daftar material bangunan dalam menghitung biaya bangun rumah sendiri, selanjutnya.

  1. Daftar Material yang Dimilikki

Berikutnya perhitungkan kembali dana-dana yang akan dikeluarkan khususnya untuk material. Bagian ini dianggap sebagai bagian inti, karena awal bangunan rumah dimulai dari sini. Beberapa bahan yang harus dipersiapkan adalah batu kali, semen, pasir, gamping dan yang lainnya. Jangan lupa untuk menghitung biaya bangun rumah bagian kamar mandi. Karena kerap kali bagian ini terlupakan, sehingga akan menjadi biaya tak terduga jika tidak diperhitungkan sebelumnya.

  1. Biaya Pekerja

Saat anda membangun rumah secara mandiri, perlu dilakukan perhitungan tentang harga pekerja yang digunakan. Harga jasa pekerja selalu naik setiap tahunnya, karenanya semakin lama pekerjaan, maka semakin banyak pula dana yang dikeluarkan. Jika dibandingkan dengan menggunakan kontraktor, tidak dibutuhkan pembayaran untuk pekerja. Karena pemilik rumah hanya perlu menunggu dan memantau beberapa kali, sampai rumah minimalis idaman usai.

  1. Biaya Total

Sudah mendapatkan angka-angka dari setiap pos? waktunya menjumlahkan semua dana yang dibutuhkan untuk usaha. Berapa hasil dari penjumlahan tersebut, maka sebesar itulah dana yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah sendiri. Jika ragu dengan hasil menghitung biaya bangun rumah sendiri, karena terlalu besar, gunakanlah jasa kontraktor. Karena dana yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dan hasil yang diberikan akan memuaskan anda.

Cara ini tidak hanya dapat digunakan untuk perhitungan rumah model minimalis. Namun juga dapat digunakan untuk rumah jenis lain. Karena pos-pos yang dibutuhkan, tidak jauh berbeda. Jadi, tidak perlu khawatir, saat akan menggunakan cara ini untuk menghitung biaya bangun rumah sendiri untuk jenis lainnya. Karena yang membedakan hanyalah perlengkapan-perlengkapan sesuai desain rumah.

Itulah beberapa cara yang harus dijalankan untuk membangun rumah secara mandiri. Jika merasa keberatan dan melakukan kesalahan, ulangi kembali cara perhitungan anda. Bila memungkinkan, lakukan perbandingan antara biaya bangun rumah yang dibuat dengan RAB dari kontraktor. Apakah hasilnya? Jika tidak jauh berbeda, sebaiknya gunakan jasa kontraktor.