Menu Close

Penting! Jangan Lewatkan 5 Bagian Penting dalam Harga Borongan Bangunan

Harga Borongan Bangunan

Saat akan membangun rumah pertama kali, anda akan dihadapkan dalam dua pilihan, yaitu membangun secara mandiri atau menggunakan jasa borongan. Saat ini, kebanyakan orang menggunakan jasa borongan untuk membangun rumah. Karena harga borongan bangunan rumah cukup murah dan rumah akan selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan. Sudah melakukan pembayaran pada jasa borongan? Harganya mahal? Ketahui beberapa lima bagian penentu harga borongan rumah dari jasa pemborong.

Alasan Menggunakan Jasa Pemborong Bangunan

Dalam membangun rumah saat ini, pemilik rumah lebih senang menggunakan jasa pemborong rumah. Alasannya cukup beragam, namun yang paling mudah karena tidak menyulitkan pemilik rumah, khusunya pemilik rumah yang tidak memiliki banyak waktu. Tidak heran, jika akhirnya pemilik lebih memilih menggunakan jasa pemborong untuk membangun rumahnya.

Alasan kedua adalah biasanya jumlah bangunan yang akan dibuat tidak hanya satu. Alias, pemilik membutuhkan beberapa bangunan yang sama dalam waktu yang bersamaan. Pemilik ingin membuat bangunan usai dalam waktu yang telah disepakati. Karenanya, semua pekerjaan yang dilakukan oleh pemborong diselesaikan dengan kontrak, termasuk bila pemilik tidak puas dengan kinerja pemborong.

5 Pos Penentu Harga Borongan Bangunan Saat Membangun Rumah

Terdapat bagian-bagian penting dalam membangun rumah secara borongan yang harus diperhatikan. Bagian ini akan menjadi penentu, besar kecilnya harga jasa borongan tersebut. Berikut ulasannya,

  1. Rencana Keuangan

Dalam membangun rumah, bukanlah sebuah perkara yang mudah. Karena dana yang dikeluarkan cukup besar. Untuk itu, bacalah kembali rencana anggaran yang dibuat oleh pemborong. Tujuannya, agar diketahui berapa harga borongan bangunan yang dibutuhkan hingga rumah usai. Jangan sampai, bagian depan rumah usai namun bagian belakangnya tidak.

  1. Jasa Pekerja

Hal yang tidak mungkin, jika anda akan membangun rumah sendiri. Tentunya dibutuhkan jasa pekerja untuk membantu pekerjaan rumah cepat usai. Namun dalam jasa borongan, tentunya yang menentukan adalah pemborong. Dana untuk jasa pekerja adalah pos yang menentukan besar tidaknya dana yang dibutuhkan. Karenanya perhatikanlah pos ini secara seksama.

  1. Material Bangunan

Pos lainnya yang membutuhkan dana lebih adalah material bangunan. Material bangunan adalah barang-barang habis pakai untuk membangun rumah. Contohnya, batako, semen, batu bata, pasir dll. Material ini akan habis pakai dalam sekali penggunaan. Karenanya,harga borongan bangunan plus material akan membengkak saat membangun rumah.

  1. Jasa Desain

Bagian berikutnya adalah memperhitungkan dana untuk jasa desain. Hal ini perlu dimasukkan jika anda tidak menggunakan jasa desain dari pemborong. Tentunya dana yang dibutuhkan cukup mahal. Karena saat ini hampir setiap rumah menggunakan jasa gambar, agar rumah yang dimilikki terlihat indah dan menarik. Untuk mengetahui harga jasa desain, carilah di artikel lain.

  1. Perlengkapan Kamar Mandi dan Keramik

Setiap rumah membutuhkan kamar mandi untuk kebutuhan mandi. Setiap kamar mandi tentu memiliki desain tersendiri, karenanya peralatan yang dibutuhkan juga berbeda. Tidak heran, jika harga borongan bangunan ruko khusus kamar mandi membengkak. Hal yang sama juga terjadi pada keramik, jika anda mencari keramik-keramik dengan motif tertentu.

Jadi, sudahkan semua poin ini anda perhatikan dalam rencana anggaran pemborong? Jika sudah setuju, tentunya tidak ada masalah dengan harga borongan bangunan yang dirancang. Jadi, bersiaplah untuk menantikan usainya pekerjaan rumah idaman. Namun perhatikan pula, apakah waktu penyelesaian pekerjaan sesuai dengan perjanjian. Jika tidak, gantilah jasa pemborong agar rumah cepat usai.